Pages

Jumat, 18 April 2014

KUALITAS INFORMASI

Kualitas Informasi tergantung dari 3 hal yang sangat dominan yaitu keakuratan informasi, ketepatan waktu dari informasi dan relevan. Ketiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Akurat
    Informasi yang dihasilkan harus bebas dari kesalahan - kesalahan dan tidak menyesatkan bagi orang yang menerima informasi tersebut. Dalam prakteknya, mungkin dalam penyampaian suatu informasi banyak sekali gangguan - gangguan yang datang yang dapat merubah isi dari informasi tersebut.
    Ketidak akuratan dapat terjadi karena sumber informasi (data) mengalami gangguan atau kesengajaan sehingga merusak atau merubah data - data asli tersebut. Adapun komponen akurat meliputi :
    • Completeness; Are necessary message item present?
      Berarti informasi yang dihasilkan harus memiliki kelengkapan yang baik, karena bila informasi yang dihasilkan sebagian - sebagian tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan secara keseluruhan, sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuannya untuk mengontrol atau memecahkan suatu masalah dengan baik.
    • Correctness; Are message item correct?
    • Security; did the message reach all or only the intended systems users?
  2. Tepat Waktu
    Informasi yang diterima harus tepat pada waktunya, sebab kalau informasi yang diterima terlambat maka informasi tersebut sudah tidak berguna lagi. Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang usang tidak mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan berakibat fatal atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan. Kondisi demikian menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi, sehingga kecepatan untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya memerlukan teknologi - teknologi terbaru
  3. Relevan
    Informasi harus mempunyai manfaat bagi Si penerima, sebab informasi ini akan digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dalam pemecahan suatu permasalahan. Relevansi informasi untuk tiap - tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. misalnya informasi mengenai sebab musabab kerusakan mesin produksi kepada akuntan perusahaan adalah kurang relevan, dan akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan.
  4. Ekonomis, efisien dan dapat dipercaya
    Informasi yang dihasilkan mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya. Selain itu informasi yang dihasilkan juga bisa dipercaya kebenarannya dan tidak mengada - ada.

Tidak ada komentar:

 

Your Message Please



Cari Blog Ini